Repair Mikrotik RB450

Posted by Achmad 'Rhoma' Fanani (kanny) on 1/04/2012 08:06:00 AM

Ada Mikrotik Routerboard RB450 punya teman yg rusak, adaptor ditancap tp mikrotik tidak mau UP.
Led indikator power nyala terus, atau kadang nyala trs mati.
Tidak ada terdengar suara beep yg menandakan proses boot-up.
Masalah seperti ini paling byk dikarenakan ada capasitor (elco) yg melembung.
Solusinya kita bisa ganti capasitor tersebut

Langsung aja kita bongkar iku bekakas.
Ada 4 capasitor yg biasanya sering beberapa melembung, so ganti aja semua keempat capasitor tsb.
Cari capasitor yg nilainya hampir sama tp punya max tegangan lebih tinggi.
Nilai capasitor asli tertulis 560uf/6.3v, karena sulit cari capasitor dg nilai persis spt itu dipasaran, aq ganti dg 470uf/16v yg guampang dicari dipasaran.

berikut gambarnya rb450, yg saya lingkari merah itu yg kudu diganti

elco

Hati" dlm proses solder-menyolder karena pcb multi layer, jd kudu ati" jangan sampai merusak circuit.
OK, selamat mencoba :)


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1/04/2012 08:06:00 AM

8 komentar:

Anonymous said...

gan... efek dari penggantian capasitor dari 560uf/6.3v d'ganti dengan 470uf/16v ada gak ?
apakah 470uf/16v 105*c atau cuma 85*c, misalkan di kasih adaptor 24v/1.6a apa kagak nyeplus :-)

Achmad 'Rhoma' Fanani (kanny) said...

tidak ada masalah meski pake adaptor 24v. Krn tegangan yg masuk pd capasitor ini hanya 5v.
elco aslinya aja malah cm 6.3v.

beetz_oranges said...

om ane boleh tau keterangan 4 elco 1 persatu, soal nya ane punya masalah yang sama setelah diganti malah ga berfungsi dengan normal, setelah hidup 3menit jaringan internet langsung mati. elco yang di ganti ane sudah hialng di tempat tukang servis nya.. mohon pencerahan nya mas..

beetz_oranges said...

permisi sebelum nya. saya punya masalah yang sama, tapi setelah saya ganti elco nya, malah jadi ga berfungsi dengan normal. kalo boleh saya tau keterangan 4 elco yang itu apa aja mas?? kalo boleh minta keterangan nya 1 persatu??

soal nya elco bawa'an asli nya sudah hilang di tempat servis komponen komputer biasa.

kalo mas bisa servis ane bisa ikut servis di tempat mas, biar ane susulin gpp, lokasi ane di bogor.. lumayan kalo ane beli mikrotik lagi harga nya,hehehe salam kenal sebelum nya

Achmad 'Rhoma' Fanani (kanny) said...

untuk elco sy ganti dg 470uf/16v.
hati" mengerjakannya krn pcb multi layer

Anonymous said...

nyopot elco nya pake apaan ya gan? tak copot pake solder biasa kok gak bisa :D

Achmad 'Rhoma' Fanani (kanny) said...

ane pake solder biasa gan, krn cm punya itu :D
cb pake Alat Penyedot Timah Solder (Attractor). sebelumnya kasi timah agak banyak biar gampat nyedotnya

agung said...

Wah milik ane lebih simple sering restart ndiri tyt lubang adptornya lecek..longgar...(kata penjualnya) ketemunya setelah rubah rubah setingan sampe mas tahmya marahh.(ampe sekarg kalee) sampe bongkar bongkar kesingnya..segel cek sana sini.. hehhe

CB